You are currently viewing Alat Optik : Pengertian, Jenis-Jenis dan Fungsinya

Alat Optik : Pengertian, Jenis-Jenis dan Fungsinya

Saat mempelajari mata pelajaran Fisika di sekolah, kita akan menemukan materi mengani alat optik mulai dari pengertian, jenis-jenis sampai dengan fungsinya.

Alat optik adalah alat yang menggunakan lensa dan/atau cermin untuk memanfaatkan sifat-sifat cahaya yaitu dapat dipantulkan dan dibiaskan, dimana cahaya digunakan untuk melihat.

Alat optik terdiri dari dua macam diantaranya:

  1. Alat Optik Alami
    Alat optic alami adalah mata kita. Mata merupakan alat optik alami yang digunakan untuk melihat yang dimiliki oleh manusia dan hewan. Mata juga merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan satu karunia yang luar biasa.

    Mata berfungsi dengan cara menerima, memfokuskan, dan mentransmisikan (mengirimkan atau meneruskan) cahaya melalui lensa mata yang menghasilkan bayangan objek yang kemudian ditangkap oleh retina mata.

    Bayangan objek yang ditangkap retina tersebut kemudian dikirimkan ke otak melalui saraf optik untuk kemudian diolah menjadi gambar yang mampu kita lihat secara nyata.
  2. Alat Optik Buatan
    Alat optik buatan adalah alat-alat optik yag dibuat oleh manusia, diantaranya
  • Kacamata
    Kacamata merupakan alat optik yang digunakan untuk membantu melihat pada orang yang memiliki masalah mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, ataupun silindris.
  • Kamera
    Kamera merupakan alat untuk menghasilkan foto dan video. Ada dua jenis kamera yang umum dikenal, yaitu kamera digital dan kamera analog.
  • Lup (Kaca Pembesar)
    Lup atau kaca pembesar hanya terdiri dari satu lensa positif dan berfungsi untuk memperbesar ukuran bayangan yang terbentuk di retina.
  • Mikroskop
    Mikroskop merupakan alat optik untuk melihat benda-benda kecil dengan perbesaran yang lebih besar dari perbesaran lup (dapat mencapai lebih dari 100 kali lipat dari besar benda).
    Mikroskop terdiri dari dua lensa, lensa pertama dinamakan lensa objektif diletakkan dekat dengan benda yang akan diamati, sedangkan lensa kedua diletakkan dekat dengan mata pengamat dinamakan lensa okuler yang bertindak sebagai lup.
  • Periskop
    Periskop adalah alat optik yang berfungsi untuk mengamati benda dalam jarak jauh atau berada dalam sudut tertentu.
  • Teropong
    Teropong atau teleskop merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh sehingga tampak lebih dekat dan lebih jelas. Terdapat dua jenis terpong yakni, Teropong bias yang terdiri dari beberapa lensa untuk membiaskan sinar yang datang dari benda. Teropong pantul yang terdiri dari beberapa cermin dan lensa sebagai pemantul dan pembias sinar datang.
  • Proyektor
    Proyektor adalah sebuah perangkat optik yang memproyeksikan gambar atau gambar bergerak pada sebuah permukaan datar, biasanya sebuah layar putih atau dinding putih. Terdapat berbagai jenis proyektor diantaranya, Proyektor Diaskop (Diaskop Projector) adalah alat untuk memproyeksikan gambar diapositif sehingga terbentuk bayangan nyata pada layar. Overhead Projector (OHP) adalah alat untuk memproyeksikan benda tembus cahaya. Cara kerja OHP seperti diaskop.

Tinggalkan Balasan